5/21/2020

Penggunaan Teknologi Mekatronika untuk Berbagai Bidang

Mekatronika merupakan salah satu jurusan di Perguruan Tinggi yang cukup banyak diminati. Secara keilmuan, disiplin ilmu ini berasal dari dua ilmu yaitu ilmu Elektronika dan ilmu Informatika. Istilah Mechatronik atau kependekan dari Mechanical Engineering-Electronic Engineering telah berkembang sejak tahun 1969.

Bidang ilmu yang berasal dari Jepang ini pertama kali dicetuskan oleh sebuah perusahaan bernama Yasakawa. Pada tahun 1969 silam, perusahaan ini sebenarnya mengembangkan ilmu Feinwerktechnik. Ini merupakan sebuah cabang ilmu dengan mengedepankan ketelitian. Contohnya saja dalam bidang pembuatan alat optik dan jam. 

Penggunaan Ilmu Mekatronika
Berdasarkan musyawarah nasional, ilmu ini didefinisikan sebagai sebuah sinergis antara teknik mesin, elektronika, informatika, dan pengaturan untuk melakukan perancangan, memproduksi atau membuat, serta mengoperasikan dan memelihara sebuah sistem hingga mencapai tujuan yang diharapkan. Aplikasi ini digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Hal ini sesuai dengan sifat dari ilmu ini sendiri yaitu multifungsi.

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan ilmu ini digunakan dalam berbagai bidang berikut ini.
  1. Teknik Penerbangan
    Ilmu ini juga dikenal dalam teknik penerbangan. Ini digunakan dalam teknik penerbangan modern yakni sebuah sistem bernama Comfort in Turbulence System. Sistem ini digunakan untuk membuat penumpang pesawat menjadi lebih nyaman ketika turbulensi sedang terjadi.
  2. Teknik Otomotif
    Selain digunakan dalam teknik penerbangan, Mekatronika juga digunakan dalam teknik otomotif. Hal ini bisa dilihat dari teknik yang digunakan dalam kendaraan bermotor. Contohnya saja pada sistem rem ABS atau sistem rem yang dibuat untuk menghindari terjadinya roda terkunci. Dengan demikian, mobil tetap dapat dikendalikan ketika rem sedang dilakukan secara mendadak.
  3. Teknik Produksi
    Di dalam bidang produksi, ilmu ini diterapkan dalam penggunaan sensor untuk kinerja robot. Sistem kendali yang digunakan memiliki kecepatan rotasi yang sangat tinggi. Oleh karena itu, ilmu ini terbilang sangat penting digunakan dalam bidang produksi.
Di dalam kehidupan sehari-hari, penerapan ilmu ini juga seringkali dijumpai di sekitar kita. Contohnya adalah penggunaannya dalam alat-alat elektronik berkecepatan tinggi seperti pemutar CD. Di Indonesia, ilmu ini biasanya dimiliki oleh para peneliti, praktisi, dan para mahasiswa yang tertarik dalam bidang ini.

Elemen dan Struktur Mekatronika
Dalam dunia elektonika, dikenal berbagai elemen hingga struktur dasar mekatronik mulai dari sensor, kontroler, aktuator, jalur data, hingga sumber energi. Penyusun komponen dalam sistem ini dikenal dengan nama unit atau mesin. Semua kebutuhan yang diinginkan haruslah dituangkan dalam bentuk sistem di dalam sebuah mesin. Ini merupakan syarat yang harus dimiliki agar sistem kontrol bisa dibuat.
  1. Sensor
    Sensor merupakan sebuah elemen yang bertugas untuk melaksanakan monitoring terhadap keadaan objek yang akan dikontrol. Ini dilengkapi dengan rangkaian untuk memproses informasi menjadi sinyal listrik.
  2. Kontroler
    Elemen ini berfungsi sebagai pengambil keputusan. Apakah sebuah objek yang dikontrol sesuai dengan kebutuhan atau tidak akan ditentukan oleh elemen ini.
  3. Jalur data
    Elemen ini memiliki fungsi untuk menyalurkan perintah dari kontroler kepada aktuator. Begitu pula sebaliknya, sinyal dari aktuator kepada kontroler akan disampaikan oleh elemen ini. Contoh dari elemen ini adalah kabel dan konektor.
  4. Aktuator
    Elemen ini memiliki tugas penting yaitu melakukan konversi energi. Konversi energi dilakukan dari bentuk listrik menjadi mekanik. Contoh dari elemen ini adalah relay dan motor listrik.
  5. Sumber energi
    Elemen terakhir adalah sumber energi. Elemen satu ini jelas memiliki fungsi penting, yaitu sebagai pemberi supply energi listrik pada semua elemen yang membutuhkannya. 
Membicarakan teknologi elektronika yang telah digabungkan dengan mekatronik memang sangat menarik. Cabang ilmu mekatronika semakin dikenal oleh masyarakat, karena perannya yang luar biasa dalam berbagai bidang kehidupan.

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon