5/21/2020

Apa itu Arduino? Kenali Manfaat Serta Keunggulannya

Arduino
merupakan pengendali mikro single-board yang sifatnya open source. Arduino menggunakan AVR sebagai chip mikrokontroler untuk komponen utamanya. Dan chip ini juga didesain open source. Mikrokontroler tersebut merupakan integrated circuit atau chip yang dapat dengan mudah diprogram pada komputer sesuai kebutuhan. 

Mikrokontroler tersebut bisa digunakan untuk membaca input, memroses input tersebut sehingga mampu menghasilkan output. Di kehidupan sehari hari, kita bisa menemukan penerapan mikorkontroler pada DVD, HP, Mp3, bahkan juga bisa digunakan untuk mengendalikan robot dan mainan lainnya. 

Arduino awal mulanya dikembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles di Institute Ivrea, Itali. Tujuan pembuatannya adalah untuk menghasilkan suatu perangkat yang mudah dan murah, sehingga bisa digunakan para siswa dalam membuat perangkat desain dan interaksi. Saat itu perangkat sejenis tergolong rumit dan mahal. 

Manfaat Arduino
Arduino merupakan perangkat yang memiliki banyak sekali manfaat. Fungsi utama Arduino dapat dipandang  sebagai otak pada suatu perangkat. Sehingga jika ditambahkan dengan perangkat lain, Arduino akan mempermudah pembuatan system control, baik yang sifatnya instrumental ataupun otomatis. Oleh karena itu Arduino bisa diterapkan pada banyak hal, sesuai kebutuhan. 

Manfaat Arduino tergantung pada si pembuat program. Jika Anda ingin membuat alat kontrol terhadap mainan, Anda bisa menggunakan Arduino sebagai otaknya. Dalam kehidupan sehari hari, perangkat yang memanfaatkan Arduino dapat kita temukan pada TV, radio, speaker, AC, HP, pengatur waktu otomatis, dan yang lainnya. 

Kelebihan Arduino
Arduino sangat digemari hingga saat ini salah satunya karena sifatnya yang open source. Sehingga dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman C, maka tidak akan sulit memahaminya. Hal ini dikarenakan bahasa pemrograman C yang diperluas ini digunakan dalam bahasa pemrograman Arduino.

Kelebihan lain dari Arduino adalah harganya yang tergolong sangat murah. Anda bisa mendapatkan papan Arduino dengan harga berkisar Rp. 200.00,- saja. Atau jika ingin lebih irit lagi, papan Arduino juga bisa dibuat sendiri dengan mudah. Saat ini sudah banyak tersedia sumber daya untuk membuat Arduino yang bisa diperoleh secara gratis. 

Arduino juga tidak memerlukan perangkat chip programmer, sehingga penggunaannya lebih mudah. Pada Arduino bootloader  sudah tertanam pada chip mikrokontroler. Hal ini memudahkan penanganan upload dan download program dari komputer. Jadi tidak diperlukan downloader yang terpisah. 

Tutorial dan referensi bacaan dalam penerapan Arduino juga sudah banyak tersedia di internet. Jadi walaupun Anda masih pemula, Anda bisa mempelajarinya dengan mudah. Selain itu sudah banyak juga forum atau komunitas tentang Arduino. Hal ini akan memudahkan Anda mempelajari hal hal yang berkaitan dengan Arduino. 

Kekurangan Arduino
Salah satu kekurangan dari Arduino adalah Kode HEX yang digunakan terlalu besar bila dibandingkan dengan mikrokontoller pro. Selain itu saat membuat bootloader sangat sering mengalami kesalahan fuse bit. Hal ini terkadang membuat pemula bisa frustrasi saat hendak mengaplikasikan Arduino. 

Kekurangan lain dari Arduino adalah saat ingin melakukan pengubahan atau penambahan instruksi pada program, Anda harus melakukan modifikasi terhadap program untuk melakukan pengubahan/penambahan. Jika tidak maka program yang telah dibuat tidak akan bisa dirubah lagi. Dari segi ini penggunaan Arduino memang cukup merepotkan. 

Arduino sebenarnya hanya cocok digunakan untuk membuat perangkat sederhana saja. Untuk perangkat yang cukup canggih, Arduino akan mengalami berbagai kendala. Oleh karena itu Arduino umumnya digunakan orang orang sebagai media belajar membuat perangkat yang sederhana. Untuk pemula Arduino merupakan perangkat yang cocok untuk media belajar.

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon