4/30/2020

Pengertian Networking dan Komponen-komponen Penyusun Jaringannya

Networking adalah sebuah bentuk nyata dari perkembangan jaman yang semakin pesat. Dalam berbagai aspek kehidupan, semuanya sudah dilakukan dengan canggih dan modern. Penggunaan bidang jaringan akan mempercepat komunikasi dan pekerjaan. Semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah baik pekerjaan yang berhubungan dengan dalam negeri dan luar negeri.

Jaringan komputer adalah rangkaian antara dua hingga lebih komputer yang dihubungkan menggunakan satu sistem. Hal ini memungkinkan semua komputer bisa digunakan untuk berkomunikasi. Jadi, komunikasi tidak hanya bisa dilakukan menggunakan komputer pusat saja.

Pengertian Jaringan Komputer/ Networking
Manfaat adanya jaringan komputer ternyata sangat luar biasa. Menggunakan teknologi komputer akan membuat semua pekerjaan menjadi lebih cepat. Adanya jaringan komputer mencegah terjadinya ketergantungan terhadap sebuah komputer pusat saja. Manfaat lainnya adalah untuk membuat komunikasi berjalan menjadi lebih cepat.

Jaringan komputer membuat setiap komputer yang ada di dalam jaringan tersebut bisa saling melakukan tukar program hingga tukar menukar sumber daya lain. Pengguna komputer satu dan lain bisa bertukar media penyimpanan hingga printer. Jaringan ini menghubungkan komputer-komputer di lokasi yang berbeda-beda.

Di dalam sebuah lingkungan pekerjaan, jaringan komputer biasanya dimanfaatkan untuk melakukan kirim file data atau upload, berkirim email, hingga pengambilan data dari tempat lain atau download. Berbagai kegiatan dan pengaksesan informasi dari lokasi yang terpisah-pisah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan jaringan ini.

Secara umum, tujuan utama dari jaringan komputer adalah untuk melakukan sharing sumber daya. Sebuah komputer bisa memanfaatkan sumber daya dari komputer lain dalam jaringan yang sama untuk melakukan berbagai kegiatan. Bagaimana sebuah jaringan komputer bisa terwujud?

Komponen Penyusun Jaringan Komputer
Untuk membuat sebuah jaringan komputer, diperlukan komponen-komponen penyusun. Sebuah jaringan komputer pada umumnya memerlukan beberapa komponen penyusun di bawah ini.
  1. Komputer
    Untuk membuat sebuah jaringan komputer, diperlukan minimal dua buah komputer. Meskipun demikian, jumlah komputer yang bisa digunakan cukup banyak sesuai dengan kebutuhan. Dalam sebuah jaringan bisa menghubungkan lebih dari 20 komputer di dalamnya.
  2. NIC
    NIC atau Network Interface Card adalah sebuah kartu jaringan. Ini diperlukan bagi setiap komputer yang tergabung dalam sebuah Networking.
  3. Perantara koneksi
    Perantara atau medium koneksi merupakan komponen yang bertugas untuk menghubungkan kartu jaringan dari suatu komputer kepada komputer lainnya. Perantara ini biasa disebut dengan medium transmisi data. Media yang digunakan bisa berupa kable dan tanpa kabel atau nirkabel. Untuk jenis nirkabel biasanya menggunakan satelit, microwave, dan radio.
  4. NOSS
    NOSS atau Network Operating System Software ini biasanya dikenal sebagai perangkat lunak. Perangkat lunak memiliki fungsi tersendiri dalam sebuah jaringan komputer. Perangkat ini bertugas untuk melakukan pengelolaan pada sebuah sistem jaringan. Contoh dari perangkat lunak yang biasa digunakan adalah MS Windows, Novell Netware, Microsoft Windows NT, dan Linux.
  5. Komponen interkoneksi
    Penggunaan komponen interkonesi dibutuhkan jika jaringan komputer yang akan dibuat semakin luas jangkauannya. Bentuk peralatan ini contohnya adalah Gateway, Bridge, Router, Hub, dan masih banyak lagi. Jadi, seluas apapun jangkauannya bisa tetap dilakukan menggunakan peralatan interkoneksi yang sesuai. 
Komunikasi antarkomputer dalam sebuah jaringan komputer melibatkan luas wilayah yang akan dikembangkan. Berbagai jenis alternatif telah dikembangkan dan berhasil. Teknologi jaringan komputer hingga sekarang memiliki berbagai macam aplikasi utama meliputi surat elektronik, kirim file, diskusi, fasilitas talknet, hingga akses untuk mendistribusikan database.

Teknologi jaringan komputer merupakan teknologi yang tidak berbatas. Terlebih lagi di era sekarang, teknologi ini semakin dibutuhkan dan dikembangkan. Dengan menggunakan networking, pekerjaan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon