3/28/2020

Sejarah Singkat AJAX dan Cara Mudah dalam Penggunaannya!

Apakah Anda sudah populer dengan AJAX? Ini memiliki fungsi yang mirip dengan JavaScript. Jika Anda merupakan pemilik website, pahamilah bahwa website bukan hanya sekedar tentang konten yang bagus dan bagaimana caranya menjadi webmaster saja. Karena ada hal lain yang perlu dipahami.

Anda perlu memahami bagaimana cara menggunakan JavaScript. Asynchronous JavaScript and XML merupakan sekumpulan dari web development yang bisa membuat aplikasi web bekerja secara tidak langsung, ketika permintaan diberikan pada sisi background. Untuk lebih memahaminya, perhatikan penjelasan berikut ini.

Pengertian AJAX dan Penggunaannya dalam Kehidupan
Karena ini merupakan format JavaScript, maka format ini tentu saja memiliki fungsi untuk mengambil data dari sebuah server dengan cara background. Format ini juga bisa melakukan update tampilan web tanpa Anda harus melakukan reload browser. Anda juga bisa melakukan kirim server secara background menggunakan format keren ini.

Jika Anda ingin menggunakan objek ini, Anda bisa membukanya melalui inspect elemen yang terdapat dalam sebuah web browser. Di jendela tersebut, Anda bisa membuka tab Network. Selanjutnya, aktifkanlah filter XHR untuk bisa melihat tampilan dari format JavaScript ini.
Dalam kehidupan sehari-hari, AJAX digunakan dalam berbagai persoalan berikut ini.
  1. Untuk melakukan sistem voting dan sistem rating
    Bagi masyarakat yang sering atau gemar melakukan belanja online, pasti Anda akan sering menemukan permintaan untuk memberikan rating bintang pada sebuah toko online atau website bukan? Atau, website bahkan juga menyuruh Anda untuk mengisi formulir voting secara online. Nah, sistem ini biasanya bekerja menggunakan format JavaScript ini.
  2. Ruang Chat
    Beberapa website terkadang mengaktifkan sebuah ruang chat atau chat room untuk bisa melakukan komunikasi kepada para pelanggannya. Di ruang chat ini, terdapat tim customer support yang akan siap membantu para pengunjung website. Fitur ini memudahkan Anda untuk menerima  dan mengirimkan pesan chat baru.
  3. Pemberitahuan tentang trending di twitter
    Apakah Anda pengguna media sosial twitter? Jika Anda merupakan pengguna media sosial twitter, Anda bisa mengaktifkan notifikasi trending di twitter agar tidak ketinggalan berita. Setiap kali ada tweet baru yang dirasa menjadi trending topic, maka twitter pasti akan memperbaharui halaman utamanya. Disini, format ini akan memudahkan untuk melakukan hal tersebut.
Begitu banyak fungsi dari format ini dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, bagaimanakah cara kerja dari format ini? Berikut cara penggunaannya.

Cara Menggunakan Format AJAX
Tidak cukup sulit untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan format ini. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan format ini dengan mudah.
  1. Buatlah Objek terlebih dahulu
    Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat objek terlebih dahulu. Objek bisa berisi apapun sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Tentukan fungsi dari Handler untuk melakukan Event
    Setelah objek dibuat, kini Anda harus menentukan fungsi handlernya.
  3. Tentukan URL dan Method
    Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah dengan menentukan URL serta Metode. Buatlah dengan sebaik mungkin.
  4. Kirim Request
    Langkah terakhir, Anda bisa mengirimkan permintaan atau request. Setelah itu, proses pun selesai dilakukan
Sebenarnya, sekumpulan dari teknik yang digunakan untuk mengembangkan web ini terdiri dari berbagai macam sistem. Beberapa sistem dalam format ini antara lain adalah HTML/ XHTML, DOM (The Document Object Model) serta XML.

Penggunaan format ini dalam kehidupan sehari-hari ternyata cukup menyita perhatian banyak orang. Anda bisa mencobanya juga untuk membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. Gunakan AJAX agar bisa membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien.

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon