12/07/2016

Tips Menghindari Sakit Saat Liburan

Tahun baru hanya tinggal menghitung hari lagi lohh., sudah punya rencana berlibur menyambut pergantian tahun? Sudah ada tempat yang ingin dituju? seperti ke luar angkasa misalnya.. Demi keselamatan dan kenyamanan saat liburan tentu kita tidak ingin sakit atau kondisi tubuh kita menurun kan?, masa iya kita liburan tapi malah sakit kan ga seru yaa.. malah buang-buang duit ga jelas aja. haha. 

Nah untuk itu aku punya beberapa tips jitu nih agar pas liburan kita ga jatuh cinta, eh maksud nya jatuh sakit. Disimak ya ..

Tips yang pertama yaitu :  Suntik vaksin
Sebelum pergi liburan atau berwisata, pastikan untuk mengetahui kondisi kesehatan di tempat yang dituju. Dikutip dari Travelvax, wisatawan perlu suntik vaksin sebelum datang ke beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, India, Vietnam, Kamboja, China dan Fiji. Konsultasikan ke dokter jenis vaksin yang memang dibutuhkan.

Tips yang ke dua : Hindari gigitan serangga
Satu gigitan nyamuk tak hanya menyebabkan gatal atau benjol, bisa juga berbagai penyakit, seperti malaria, demam berdarah atau bahkan zika. Selain tabir surya, selalu oles cairan anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk dan juga gigitan gigitan lain (kekasih misalnya). 

Tips yang ke tiga : Rajin cuci tangan
Tisu basah atau cairan pembersih tangan memang praktis, tapi akan lebih baik jika mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir karena kuman akan terbuang langsung tidak menetap dalam satu tempat. Selalu ingat untuk tidak menyentuhkan tangan yang kotor ke bagian tubuh, terutama muka, mulut, hidung, leher atau alat kelamin, karena akan mempercepat perpindahan kuman.

Tips yang ke empat : Berlindung dari matahari
Jangan panas-panasan! Sengatan sinar matahari yang berlebih bisa membuat tubuh lemas karena dehidrasi dan kulit terbakar. Untuk menghindarinya, bisa mengenakan topi atau cairan tabir surya. Tapi, jangan sampai takut dengan matahari, karena pada pagi hari teriknya justru memberikan vitamin yang berguna bagi tubuh.

Tips yang ke lima : Jangan sampai dehidrasi
Sama seperti mencuci tangan, mengingatkan diri untuk minum air putih juga sering terlupakan saat berlibur. Selalu minum air putih dalam kemasan tersegel, jika berkunjung ke daerah yang kurang terjamin kesehatannya. Hindari minum air putih dingin terlalu banyak, agar terhindar dari sakit tenggorokan.

Tips yang ke enam : Takar kapasitas tubuh 
Mencoba menu baru memang mengasyikkan, tapi takar kapasitas tubuh sebelum menyuapnya ke dalam mulut, agar terhindar dari sakit perut, alergi atau yang lebih parah, penyakit yang berkaitan dengan tekanan darah. Tak hanya makanan, minuman pun perlu diantisipas.

Tips yang ke tujuh : Tidur cukup
Wisatawan biasanya lupa daratan saat berlibur (termasuk gue), bersenang-senang boleh saja, tapi ingat untuk cukup beristirahat agar badan tidak fegal-fegal atau masuk angin keesokkan harinya. ingat pepatah dari bung H. Roma Irama tentang 'Begadang'. 

Tips yang ke delapan : Gunakan asuransi
Kalau semua tips sudah dilakukan, tak ada salahnya untuk melindungi diri dengan asuransi. Konsultasikan jenis asuransi sebelum pergi berwisata dengan agen yang terpercaya, agar tidak kerepotan jika sampai terkena masalah di tempat tujuan. Baca dengan seksama hal-hal yang diberikan agen asuransi, agar tak terkecoh dengan iming-iming layanannya.

Sumber ; CNN

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon