11/22/2016

Hp Android Tidak Bisa Flash Ulang? Coba Kenali Dulu Gejala-Gejala Kerusakan EMMC dan Penyebabnya

Apa Itu EMMC?
EMMC adalah kepanjangan dari Embedded Multi-Media Controller, sebuah media penyimpanan yang berkecepatan tinggi dan sebagai modul controller, dimana media penyimpanan dan media controller itu terdapat dalam satu chip

Hp Android Tidak Bisa Flash Ulang? Coba Kenali Dulu Gejala-Gejala Kerusakan EMMC dan Penyebabnya
Teknologi EMMC belum lama dikembangkan, sebelum menggunakan EMMC diperlukan controller khusus untuk membaca dan menulis data yang dikontrol dengan CPU dan di simpan dalam satu tempat sehingga kinerja CPU terkuras lebih banyak.

Seiring perkembangan, kemungkinan penuhnya penyimpanan akan semakin meningkat, dan ketika penyimpanan melebihi kapasitas, kinerjanya sendiri akan semakin menurun, maka dari itu EMMC dikembangkan sebagai metode standar untuk building controller, artinya pengontrolan penyimpanan dilakukan oleh EMMC itu sendiri, tidak mengandalkan dari CPU lagi. (courtesy : cepruddi)

Nah sekarang mari kita pahami gejala-gejala kerusakan EMMC. Oh ya, kerusakan EMMC sendiri dibagi menjadi 3 level kerusakan. yaitu kerusakan biasa, sedang dan 'parah'. 

Mari kita kenali level-level nya :

  1. EMMC  Rusak stadium 1 (Biasa)
    Ciri-cirinya : Bisa masuk recovery, masuk fastboot tetapi ketika melakukan flash rom sering muncul pesan berwarna merah. ini bisa diatasi dengan melakukan reboot.
    Berbeda dengan error recovery/eror rom. pada kondisi ini biasanya recovery akan muncul pesan merah beberapa baris mungkin 3-4 yang bertuliskan failed can't mount.

    Penyebab : Biasanya terjadi ketika anda sering mengganti rom gadget anda

  2. EMMC Rusak stadium 2 (Sedang)
    Ciri-cirinya : tidak bisa masuk recovery, akan tetapi anda bisa masuk ke mode fastboot. Berbeda dengan kasus tidak bisa masuk recovery akibat gagal/kesalahan flash. Pada keadaan ini meskipun handphone anda dalam kondisi hidup bisa saja terjadi.

    Solusi : kemungkinan masih bisa diatasi dengan melakukan flash rom dengan pc, dengan begitu kita membuat handphone bootloop ini adalah cara memancing recovery untuk muncul karena setelah flash rom maka otomatis system akan tertimpa rom baru sehingga system dapat memancing kembali recovery.

    Jika sebaliknya bisa masuk recovery tapi tidak bisa masuk fastboot. caranya meletakan rom di sd-card dan melakukan flash lewat sd-card. bagaimana jika masih menggunakan mi recovery?alias recovery bawaan? ini adalah masalah anda, bagaimanapun caranya anda harus berjuang agar dapat masuk ke mode fastboot.

  3. Emmc rusak stadium akhir (Kerusakan parah)
    Ciri-ciri muncul banyak tulisan merah pada recovery, layar seperti tv rusak tidak bisa masuk recovery maupun fastboot, bisa masuk recovery bisa masuk download mode, di flash semua rom sukses akan tetapi tidak ada perubahan atau sama seperti sebelumnya. handphone masih bisa di pakai dan sukses install aplikasi dan sebagainya namun setelah reboot aplikasi hilang atau kembali seperti semula.

    Untuk solusi kerusakan Emmc Stadium akhir ini, solusinya adalah Ganti EMMC.
Adapun Gejala-gejala Penyebab Kerusakan EMMC lainnya menurut beberapa sumber:

Kerusakan EMMC :
  • SDS (Sudden Death Syndrome)
  • Di Charger terlalu lama (lebih dari 3jam)
  • Di Oprek Custom yang tidak cocok dengan partisi aslinya
  • Ketika Hank/ Stuck di paksa cabut baterai
  • Dan lain2

Ciri-ciri IC EMMC telah Rusak / Corrupt :
  • Di Flashing Selalu Failed
  • Flashing jalan sebentar lalu Failed
  • Flashing atau reset/wipe sukses tapi data tetap tidak hilang
  • Dan lain2

Kemungkinan Gejela Awal Emmc Rusak:
Demikianlah postingan saya kali ini mengenai Gejala-Gejala Kerusakan EMMC dan Penyebabnya, semoga bermanfaat..

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon