3/18/2020

Tips Belajar Programming Paling Mudah Bagi Pemula


Memiliki skill programming pada saat ini tentunya sangat menguntungkan. Karena maraknya penggunaan internet di berbagai bidang kehidupan membuat programmer sangat dibutuhkan. Orang yang memiliki skill ini saat ini pasti mudah mendapatkan pekerjaan. Dapat dikatakan Komputer dan internet  bisa kita gunakan sepuasnya saat ini berkat ada programming.

Secara sederhana programming dapat diartikan sebagai metode atau proses menulis, menguji, memelihara, dan juga memperbaiki kode kode yang digunakan dalam membangun program komputer. Kode tersebut ditulis dengan bahasa pemrograman. Oleh karena itu, untuk belajar programming, seseorang harus belajar bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Selain bahasa pemrograman, untuk menguasai skill programming juga membutuhkan ilmu dasar lain, seperti algoritma, logika, dan ilmu komputer lainnya. Secara umum pengetahuan mendalam tentang matematika sangat dibutuhkan dalam programming. Karena konsep berpikir ilmu matematika sangat bermanfaat diterapkan pada programming.

Belajar Programing Harus Menguasai Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman dapat juga disebut sebagai bahasa komputer. Bahasa pemrograman berbeda dengan bahasa yang kita gunakan. Bahasa pemrograman merupakan bahasa di dalamnya terdapat sintaks dan juga semantik yang teratur dan digunakan untuk  merumuskan program komputer. Bahasa pemrograman merupakan perintah yang diberikan pada komputer untuk menjalankan fungsi tertentu.

Bahasa pemrograman memiliki banyak sekali jenis dan fungsinya. Secara umum, bahasa pemrograman yang sering digunakan banyak orang adalah seperti C, PHP, .Net, Visual Basic, Java, C++, Cobol, dan yang lainnya. Bahasa pemrograman berbeda beda tergantung fungsi dan kegunaannya. Di Indonesia sendiri bahasa pemrograman yang populer digunakan seperti C, C++, Java, Javascrip, PHP, dan yang lainnya.

Algoritma dan Logika Pada Programming
Algoritma dan logika sangat penting dikuasai dalam mempelajari programming. Algoritma dan logika memiliki peran yang berbeda, tetapi keduanya harus digunakan beriringan dalam programming. Logika diperlukan untuk memecahkan atau mencari solusi atas masalah dalam programming. Algoritma akan menyusun penyelesaian masalah tersebut secara runtun dan sistematis.

Tanpa menguasai ilmu algoritma dan logika, mustahil seseorang mampu melakukan programming. Oleh karena itu, jika anda berminat mempelajari programming, anda terlebih dahulu harus memperkuat ilmu dasar terkait alogaritama dan logika. Memahami ilmu tersebut akan membentuk pola pikir yang logis dan sistematis.

Tips Belajar Programming
Belajar programming sebenarnya dapat dilakukan secara otodidak. Apa lagi saat ini sudah banyak tersedia di internet materi pelajaran dan tutorial dalam belajar programming. Mudah atau tidaknya belajar programming tentunya kembali pada diri anda sendiri. Sedikit tips berikut mungkin bisa anda terapkan dalam belajar programming.

Pertama, usahakan anda memperkuat materi dasar terlebih dahulu sebelum terjun langsung ke dunia programming. Memperkuat materi dasar bisa anda lakukan dengan mempelajari bahasa pemrograman, mengasah kemampuan algoritma dan logika, dan melatih kemampuan mengetik. Hal ini akan membantu anda dalam melakukan programming.

Kedua, jika anda sudah memiliki pengetahuan dasar, sebaiknya melakukan praktik sembari belajar tentunya lebih baik. Dengan menerapkan ilmu yang sudah anda pelajari, keterampilan anda akan semakin terasah, dan juga efektif untuk meningkatkan memori dan pemahaman.

Ketiga, tingkatkan ketelitian anda dalam programming. Ketelitian sangat dibutuhkan, agar program yang anda buat berjalanan dengan baik. Anda juga bisa meningkatkan ketelitian dengan cara memperbaiki sendiri bug yang terdapat pada program yang anda rancang.

Belajar Programming Harus Cukup Istirahat
Dalam belajar programming, hal utama yang diperlukan adalah ketenangan pikiran. Oleh karena itu usahakan setiap belajar programming jangan terlalu memaksakan diri. Belajar programming membutuhkan konsentrasi tinggi. Untuk itu menjaga pikiran tetap rileks akan memudahkan anda dalam programming.

Pikiran yang rileks akan membuat anda lebih mampu berpikir dengan logis. Selain itu tingkat ketelitian juga meningkat saat pikiran tidak terlalu dipaksakan. Aturlah jadwal istirahat anda secukup mungkin agar anda bisa belajar programming dengan cepat dan mudah.

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon