3/25/2020

PHP Bahasa Pemrograman yang Mudah Dikuasi Pemula

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memiliki banyak peminat. Hal ini tampak dari sejak kemunculannya pada tahun 1994 hingga saat ini, PHP tetap digunakan untuk mengembangkan website. Bahkan jutaan website di dunia dibuat dengan bahasa pemograman PHP. Bahkan Wikipedia dan Facebook sekalipun masih menggunakan PHP sebagai andalan.

Pada umumnya, PHP dikombinasikan bersama dengan bahasa pemrograman lain untuk mengembangkan sebuah website. Karena jika hanya menggunakan PHP saja, tampilan website yang dibuat mungkin sangat terbatas. Alasan mengapat PHP banyak digunakan dalam pengembangan website adalah karena sifatnya yang sederhana, mudah digunakan, dan juga sangat mudah dipelajari.

PHP adalah kepanjangan dari Personal Home Page yang artinya situs pribadi. Rasmus Lerdorf merupakan pencipta dari PHP, pada tahun 1995. Saat itu PHP diberi nama Form Interpreted, yang memiliki wujud seperti kumpulan skrip untuk pengolahan data formulir pada web.  Nama PHP kemudian berubah menjadi Hypertext Preprocessing pada tahun 1997 oleh perusahaan bernama Zend.

Fungsi PHP
Secara umum fungsi utama dari PHP adalah mengembangkan atau membuat website, baik website statis, dinamis, maupun aplikasi web. Pada pembuatan website dinamis, PHP sangat cocok digunakan untuk menyimpan data ke dalam sumber data dan juga dapat menciptakan halaman yang bisa berubah ubah sesuai dengan keinginan pengguna.

Dalam pengembangan sebuah website PHP akan memudahkan pekerjaan pengguna karena berbagai kemampuan yang dimilinya. Salah satunya seperti kemampuan pengulangan yang efektif. Jika Anda ingin menginput data yang sama dalam jumlah banyak, PHP dapat melakukan pengulangan tersebut secara cepat dan akurat. Hal ini lah yang membuat PHP sering digunakan dalam pengembangan website.

Selain itu PHP juga bisa Anda gunakan untuk melakukan manajemen Cookie dan Session. Misalnya Anda ingin menyimpan password atau user name di browser, Anda bisa melakukan manajemen Cookie dengan PHP sehingga Anda bisa login dengan mudah.  Pada Session PHP dapat melakukan penyimpanan informasi login untuk satu sesi saja.

Keunggulan PHP
PHP digunakan banyak orang untuk pengembangan website karena sifatnya yang sederhana dan sangat mudah digunakan. Dapat dikatakan bahwa setiap programmer hampir semua pernah menggunakan PHP. Para programmer pemula biasanya memulai pelajaran mereka dengan menerapkan PHP pada website yang mereka kembangkan.

PHP memiliki komunitas yang sangat besar dan tersebar di berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu orang orang yang ingin belajar PHP dapat dengan mudah menemukan forum diskusi tentang pemrograman PHP. Jadi Anda bisa dengan mudah menemukan mentor atau orang yang bisa diajak tukar pikiran sehingga Anda bisa mempelajari PHP dengan mudah.

Dengan menggunakan PHP, Anda dapat membuat aplikasi atau website dengan cepat dibanding dengan bahasa pemrograman lain. Karena pada PHP terdapat berbagai tools dan juga boiler yang bisa digunakan seluruhnya. Karena sifat PHP sendiri open source. Hal ini juga lah yang membuat PHP menjadi pelajaran dasar bagi orang yang ingin belajar mengembangkan website.

Kekurangan PHP
Di balik kemudahan dalam penggunaanya, ternyata PHP juga memiliki banyak kekurangan. Salah satu kekurangan dari PHP adalah kode sumbernya sangat mudah dibajak orang lain. Hal ini terjadi karena sifat PHP yang open source sehingga siapa saja bisa memodifikasi dan mengubah fungsinya.  

Untuk itu PHP tidak disarankan untuk pengembangan website atau aplikasi yang sifatnya harus dirahasiakan. Jika ingin memperkuat keamanan dari kode sumber PHP, maka pengguna harus  menggunakan extensi berbayar dari Zend (perusahaan pemrograman PHP). Tentunya biaya yang harus Anda keluarkan tidak sedikit untuk mendapatkannya.

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon