3/28/2020

Kelebihan dan Kekurangan PostgreSQL Sebagai Sistem Basis Data

PostgreSQL dapat dikatakan sebagai sistem basis data terbaik di dunia karena perangkat lunak yang satu ini memiliki pengguna yang sangat banyak di dunia. Selama lebih dari 15 tahun PostgreSQL telah dipercaya sebagai sistem basis data terbaik karena memiliki berbagai fitur canggih dan juga sangat kuat, andal, dan juga memiliki tingkat akurasi data yang sangat baik.

PostgreSQL dapat menyimpan berbagai jenis data objek geometri, seperti titik (point), garis(line), area (polygon) dan juga objek lain seperti rule, indeks, view, constraint, prosedur dan yang lainnya. Fitur fitur dari PostgreSQL dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti UNIX (Mac OS X,AIX, SGI IRIX, Tru64, HP-UX)Linux, dan juga Windows.

PostgreSQL dapat digunakan secara bebas sesuai dengan perjanjian lisensi BSD. Pengembang dari PostgreSQL  merupakan tim relawan dari berbagai penjuru dunia. Dan PostgreSQL sendiri tidak dikendalikan oleh perusahaan atau perorangan, sehingga kode sumbernya bisa didapatkan secara gratis oleh siapapun.

Kelebihan PostgreSQL
PostgreSQL dinilai sebagai sistem basis data terbaik karena memiliki berbagai keunggulan dibanding yang lain. Salah satu kelebihan PostgreSQL adalah arsitektur multiproses yang dimilikinya sehingga stabilitas dari PostgreSQL sangat tinggi. Oleh karena itu daemon pada PostgreSQL tidak akan mati walaupun satu proses anak mati.

Kelebihan lainnya, PostgreSQL telah mendukung locking di level rendah sehingga walaupun PostgreSQL dalam kondisi load yang cukup tinggi, PostgreSQL  tetap memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari sistem basis data lain, khususnya dalam hal query dengan klausa JOIN dengan tingkat kompleks.

PostgreSQL juga dapat digunakan setiap orang, entah itu untuk dimodifikasi, didistribusikan, dan keperluan lainnya tanpa harus membayar lisensi atau meminta izin. Baik itu untuk kepentingan pribadi, kepentingan dunia pendidikan, atau bahkan kepentingan komersil sekalipun. Hal ini bisa dilakukan karena PostgreSQL memiliki General Public License atau lisensi GPL.

Kelebihan lain dari PostgreSQL adalah kemampuannya yang bisa dihubungkan dengan berbagai database lain seperti pgdump, pgaccess, Interbase, dan database dari Linux. Kemampuan yang satu ini membuat pengguna dapat mengkoneksikan PostgreSQL dengan database lainnya untuk berbagai kebutuhan.

Selain itu, PostgreSQL juga memiliki banyak sekali fitur fitur yang sangat bermanfaat seperti Point-in-time recovery yang memungkinkan server dapat terus menerus diback-up. Fitur lainnya seperti Help yang memungkinkan pengguna dapat melakukan pencarian dengan cepat dan sangat akurat. Dapat dikatakan fitur fitur yang terdapat di PostgreSQL dibutuhkan dan digunakan setiap orang.

Kekurangan PostgreSQL
Walaupun diklaim sebagai sistem basis data terbaik di dunia, PostgreSQL juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dari PostgreSQL adalah arsitektur multiproses yang dimilikinya ternyata kurang cocok digunakan pada Windows karena windows terlalu thread-oriented. Pada umumnya PostgreSQL lebih cocok diterapkan pada Linux.

Kekurangan lain dari PostgreSQL adalah tidak tersedianya replikasi sehingga para pengguna akan sulit melakukan distribusi pada PostgreSQL. Saat ini mungkin replikasi dari PostgreSQL sendiri telah dikembangkan dan berhasil diuji coba tetapi masih terdapat banyak kekurangan dan juga tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas.

PostgreSQL juga memiliki kekurangan pada fungsi fiturnya. Secara umum, seluruh fitur dari PostgreSQL sangat bermanfaat bagi pengguna. Tetapi PostgreSQL terbatas pada beberapa fungsi saja seperti penggantian nama kolom, penggantian nama tabel, dan penambahan kolom. Hal ini juga yang membuat PostgreSQL kurang populer  dibandingkan dengan database lain seperti MySQL.

Terlepas dari kekurangan yang dimilikinya PostgreSQL tetap menjadi salah satu database yang digemari banyak orang. Hal ini terlihat dari berbagai penghargaan yang telah diraih oleh PostgreSQL. Salah satu penghargaan yang diperoleh PostgreSQL adalah Open source terbaik pada Linux New Media Award pada tahun 2012.

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon