6/10/2017

Main Origami dari Robot? Kenalin nih, Si Mungil MORI (Modular Origami Robot)

Origami pada umumnya identik dengan permainan kertas lipat yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam hiasan atau kerajinan. Tapi apa jadinya jika origami tersebut dimainkan dalam bentuk robot? Peneliti dari National Centre of Competence in Research (NCCR) Swiss, berhasil menciptakan origami berbentuk robot bernama Modular Origami Robot (Mori). Ukurannya kecil berbentuk segitiga yang dapat di bongkar pasang dengan ketebalan hanya 6 milimeter dan lebar 70 milimeter serta berat sekitar 26 gram. Robot canggih ini dilengkapi dengan akuator kecil, sensor dan remote control.

Si Mungil MORI (Modular Origami Robot)

Robot Mori dapat dimainkan secara bongkar pasang, artinya robot tersebut dapat digabungkan dengan komponen lain ataupun dengan robot mori lagi. Selain itu robot tersebut mampu mengangkat komponen lain yag terpasang dengannya. Ingin membuat prisma, limas segitiga? Si mungil ini bisa melakukannya. Bukan hanya itu, Mori memiliki kemampuan mengontrol bola yang bergerak di permukaan yang terpasang dengannya, itu karena robot mori dilengkapi kamera eksternal untuk dapat membuat loop feedback yang digunakan untuk mengatur keseimbangan benda yang terletak diatas permukaan tersebut.

Nantinya, fungsi dari mori ini dapat membantu aktifitas saat diluar angkasa. Karena sifatnya yang modular, ia dapat merubah bentuk sesuai kebutuhan. Sehingga diharapkan dapat berubah bentuk untuk memperbaiki struktur atau komponen yang rusak serta dapat menjadi sarana representasi data geografis.

Lebih jelasnya kemampuan Robot Mori ini, simak video berikut :


Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon