6/10/2017

Kursor Mouse Yang Sekarang Miring, Dulunya Tegak Lurus Loh

Tahu gak sih teman-teman kalau kursor mouse yang sering kita lihat saat ini umumnya miring 45 derajat ternyata dulunya di design tegak lurus? Lalu kenapa dibuat miring ya? biar keren atau memang nggak ada kerjaan pembuatnya? Ternyata ada usul-usulnya lohh.. Mau tahu?

Kursor Mouse Tegak Lurus

Menurut sumber yang saya baca, dahulu di era tampilan layar komputer masih beresolusinya rendah, kursor mouse tegak lurus dibuat oleh Dounglas Englebart pada tahun 1968. Namun pada saat itu resolusi layar yang digunakan masih relatif rendah, kursor mouse tegak lurus sangat sulit ditemukan apalagi layarnya belum berwarna seperti sekarang ini, dulu masih monokrom alias masih hitam putih. hmm kebayang kalau dilayar menampilkan garis, kursor nya nggak kelihatan. Karena aspek itulah, pada tahun 1970an dengan diluncurkannya komputer Xerox PARC kursor dibuat miring. Alasannya ya itu tadi, agar tidak membingungkan penggunanya.

Semenjak saat itu mouse tetap dibuat miring 45 derajat hingga sekarang dan diadopsi oleh pembuatan software komputer juga, termasuk Steve Jobs menerapkan untuk produk MAC OSnya dan Bill Gates dengan produk Windowsnya. Jadi sudah tahu kan sekarang asal mulanya kenapa kursor mouse dibuat miring?

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon