5/06/2017

Tips Pemula Bagaimana Memulai Membuat Program (All Programming)

Ngeri ya judulnya, sudah kaya master ala ala aja hehe padahal skill aku kacangan wkwkwk.. tapi tak apalah ya namanya juga belajar dan berbagi tips sekalian promosi jualan , ehh

Sering banget ditanyain sama temen dan client tentang topik ini, "bang, gimana ya supaya bisa jago bikin program programan gitu? ada trik khusus kah atau semedi khusus juga gitu semacam bertapa di gua biar dapat wangsit?" duhh le, belajar programan mah ga harus kaya gitu juga kali.. itu mah malah nyusahin diri sendiri, memangnya dengan cara bertapa di gua bisa langsung buat program yang langsung jadi? yang ada malah kelaperan hahaha. Bikin program modalnya asal ada kemauan dan juga kesabaran pasti nya, secara yang namanya bikin program ga seperti makan cabe yang langsung pedes kerasa. Butuh kesabaran, konsentrasi tinggi dan tentunya kemauan yg kuat dan ikhtiar serta doa kepada tuhan Yang Maha Esa, secangkir kopi juga perlu untuk menemani bro bro pada.

Cuman ikhtiarnya dengan bagaimana dulu, ikhtiarnya cuma melongo, natapin layar aja sambil mikir code program atau gimana? Kerjain ! jangan cuma dipikirin ! dipikirin malah makin jelimet, Nih aku coba kasih tips ala ala deh ya biar ada bayangan gimana proses pembuata program.

Pertama Doa dan Niat
Point pertama ini yang harus bener-bener dilakukan. Tanya deh sama diri sendiri, ada niat ga buat ngerjain? serius ga buat ngerjain? jangan asal angan-angan aja. banyak dari kita yang hanya wacana dalam membuat program tanpa ada niat ingin merealisasikannya. termasuk saya juga sih, hehe

Kedua Buat Rancangan
Yang namanya bikin sesuatu pasti harus punya dulu rancangan kan? kaya bikin rumah tuh, kalau asal-asalan bikin tanpa tau rancangannya gimana yang ada malah capek 2 kali. Bikin program juga sama, brader juga harus jelas rancangannya mau dibikin seperti apa? Skemanya gimana, alur program nya gimana. kalo ga jelas rancangannya seumpa udah bikin terus ada update di satu modul kan repot , dulu bikin program ini alurnya seperti apa ya? gimana ya? paling itu yang nanti bro pikirin. coba deh dibikin dulu di kertas rancangannya. dan ini harus bener-bener dibikin dengan konsentrasi tingkat tinggi. apalagi kalau udah masalah database, KUDU dipelajari bener-bener. 

Ketiga Terapkan dan Lakukan
Kalau udah bikin rancangannya selanjutnya menerapkan rancangan itu, mau pakai bahasa pemrograman apapun terserah tergantung dari skill sobat yang dikuasi lebih spesifik di bahasa pemrograman yang mana, mau php, java, delphi ataupun android gimana sobat . semua nya sama konsepnya cuma CRUD saja dan yang berbeda hanya cara penulisan programnya. Btw tau kan CRUD? Create, Read, Update  dan Delete hehe.

Keempat Analisa Ulang
Kenapa saya pakai Analisa ulang? kadang program yang kita buat seidikit keluar jalur. ini masi berhubungan sama poin ke 2 yaitu rancangan. jadi proses pembuatan program itu berputar, kalau di perkuliahan kita mengenal yang namanya metode pengembangan perangkat lunak, ada metode dan step-stepnya brad lebih terperinci. pembahasan ini juga nterempet-nyerempet soal itu hihi.

Kayanya sekian tipsnya aku juga bingung mau jelasin apalagi wkwkwk tapi secara garis besar itulah poin-poin inti nya yang harus diperhatikan brader.

Oke cukup sekian saja, jika ada yang mau menambahkan bisa dikirim di komentar yaa ..

Terimakasih.

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon