11/23/2016

Tampilan Baru Blogger dengan Material Design

Tampilan Baru Blogger dengan Material Design 4 - indra92
Beberapa saat yang lalu sebelum saya menulis artikel ini halaman dashbor blogger masih belum ada perubahan, tapi karena saya tak sengaja close browser kemudian saya coba login kembali ke akun blogger milik saya dan ternyata, taraaaa .. Tampilan baru dari blogger pun berubah. Perubahan tampilan blogger ini menggunakan template atau framework Google Material Design. Memang akhir-akhir ini Google sedang merubah beberapa produk nya menggunakan Google Material Design seperti chrome, halaman adsense dan lain-lain. 

Bagi yang belum tahu Google Material Design itu apa, Material Design adalah bahasa pemrograman visual yang tentunya dibuat oleh Google. Bahasa pemrogaman ini menggunakan tampilan visual yang sederhana namun menarik. Teknologi ini akan memicu design berbasis artificial yang diwujudkan kedalam bentuk yang nyata. Sebelum ketenarannya material design seperti saat ini, banyak designer yang berusaha membuat tampilan menggunakan style 3D (misal button/tombol) agar output yang dihasilkan menyerupai bentuk asli di dunia nyata. Tetapi hal itu sudah tidak populer lagi, hal yang menjadi prioritas utama sekarang adalah kecepatan akses yang menjadi salah satu bagian dari material design karena secara garis besar mengutamakan pewarnaan objek yang solid tanpa memaksakan menggunakan gambar-gambar yang tidak diperlukan. Istilah tersebut sering kita sebut dengan flat design yang tidak mengutamakan penggunaan background yang terlalu rumit tetapi simple agar membuat para pengguna dapat lebih mudah dan tidak bingung untuk menggunakan objek tersebut.

Jadi sekarang sudah tahu kan apa itu Google Material Design? balik lagi ke kasus sebelumnya tentang tampilan baru blogger yang menggunakan material design, beberapa tampilan telah berubah yaitu pada halaman home sudah terlihat perubahan di navigasi sebelah kiri dan halaman artikel nya, terlihat pada navigasinya ukuran huruf berubah menjadi lebih besar dengan menggunakan font style Roboto. seperti ini nih :

Tampilan Baru Blogger dengan Material Design 1 - indra92
halaman awal blogger

Lalu perubahan berikutnya pada halaman penulisan artikel, disamping tombol publish (publikasikan) terlihat nama akun yang digunakan untuk mengepos artikel. seperti ini :

Tampilan Baru Blogger dengan Material Design 2 - indra92
halaman penulisan artikel

Dan selanjutnya pada di halaman pratinjau untuk artikel yang akan kita publish, terlihat bagian sudut kiri atas tempat menampilkan label pratinjaunya berubah. seperti ini :

Tampilan Baru Blogger dengan Material Design 3 - indra92
halaman pratinjau artikel

Itulah beberapa halaman yang saya lihat telah mengalami perubahan, mungkin dalam beberapa waktu kedepan Google akan melakukan perubahan untuk produk-produk Google lainnya, yaa kita tunggu saja perubahan apa lagi yang akan google hadirkan untuk kita.

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon