11/14/2016

Hati-Hati, Inilah Hal-hal Yang Dapat Menghambat Kesuksesan Karier Anda

Dalam berkarir tentunya jalan yang kita lalui tidak selamanya 'mulus' seperti yang kita bayangkan, terkadang jalan berliku yang harus kita lalui atau pun rintangan-rintangan yang menghadang ditengah jalan. Untuk itu diperlukan strategi-strategi yang kuat, dan kerja keras yang serius dan fokus untuk meraihnya. 

Hati-Hati, Inilah Hal-hal Yang Dapat Menghambat Kesuksesan Karier Anda

Fokus terhadap apa yang menjadi visi dan misi di dalam karier kita memang lah sebuah hal yang penting. Namun, tanpa sadar banyak kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan yang bisa menghambat bahkan menghancurkan kesuksesan karier kita. Terutama saat kita bekerja di dalam sebuah kelompok dan bukan secara individual. Berikut hal-hal yang harus kita simak :

  1. Terlalu Banyak Mengeluh
    Terlalu sering mengeluh tentang pekerjaan yang kita lakukan maupun tentang orang-orang di lingkungan pekerjaan kita nggak membuat kesuksesan karier kita semakin dekat lho, malah bisa menghambat pekerjaan. Semua orang pasti setuju kalau orang-orang yang cenderung bersikap negatif, nggak akan asik untuk di ajak kerjasama. Dan terlalu banyak mengeluh bisa membuat suasana hati kita akan selalu bersifat negatif di lingkungan kerja. Ini bisa berdampak ke masalah-masalah lain lho kalau kita nggak bisa cepat mengatasi kebiasaan ini. Daripada banyak mengeluh, lebih baik kita fokus untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan lainnya agar lebih cepat selesai juga nantinya.

  2. Menganggap Anda tahu segala hal
    Akan fatal akibatnya jika Anda memiliki asumsi ini, karena hal ini akan membuat Anda menjadi tinggi hati dan akhirnya malas untuk belajar. Padahal, untuk meraih karier yang tinggi, Anda harus memiliki pengetahuan dan kemampuan yang lebih dari para pesaing Anda. Asumsi ini harus dihindari, terutama ketika Anda sedang menghadapi proses seleksi masuk perusahaan.

    Walaupun Anda sudah memiliki banyak pengalaman, tapi jangan berpuas diri dulu. Karena, pengalaman dan pengetahuan Anda di perusahaan sebelumnya belum tentu sama dengan perusahaan yang ingin Anda lamar. Untuk itu, Anda harus mau mempelajari dan mencari berbagai informasi tentang perusahaan lainnya.

  3. Puas melakukan hal yang minim
    Jangan mudah puas dengan hal yang telah Anda kerjakan, karena hal ini hanya akan membuat Anda menjadi sombong dan tidak berkembang. Apalagi jika Anda bekerja seadanya, maka hasilnya pun akan seadanya. Dalam menyelesaikan pekerjaan, usahakan untuk selalu melampaui target Anda. Dengan begitu, dijamin karier Anda akan lebih cepat naik dan kontribusi Anda akan lebih terlihat oleh perusahaan maupun atasan.

  4. Enggan belajar dari kesalahan
    Banyak karyawan yang merasa demotivasi setelah melakukan kesalahan. Padahal, kesalahan itu merupakan sebuah pembelajaran yang sangat berharga. Jika Anda mengalaminya, Anda harus langsung bangkit dan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan, dan jangan sampai jatuh ke lubang yang sama.
    Sama halnya seperti ketika Anda salah memilih perusahaan tempat bekerja. Tentunya Anda tidak mau keluar kandang singa dan masuk ke lubang buaya, kan? Karena itu, sebelum pindah kerja, lihat dulu review perusahaan incaran Anda di Jobplanet dan jadikan informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih tempat bekerja.

  5. Lebih Banyak berbicara Dibanding Mendengar
    Berani speak up mengenai ide dan pendapat kita memanglah sebuah hal yang bagus. Tapi terlalu banyak serta berlebihan mengoceh tentang ide-ide kita, terus-menerus menawarkan saran yang nggak diminta, dan berbicara terlalu sering akan membuat kita dicap sebagai orang yang sok tau. Lebih baik kita bicara seperlunya dan lebih sering mendengarkan orang lain. Tapi, jangan sampai takut untuk berbicara juga ya! Selama hal yang dilakukan nggak berlebihan dan mengganggu orang lain, ngga akan ada yang salah kok.

  6. Membuat Alasan untuk Kesalahan yang Dilakukan
    Ada perbedaan besar antara penjelasan dan alasan. Menjelaskan kesalahan kita lalu meminta maaf adalah hal yang lebih baik dibanding membuat alasan untuk kesalahan yang kita buat. Setidaknya, jika kita berani mengakui kesalahan yang kita buat dan meminta maaf, pasti kita juga akan mendapatkan respect dari orang-orang di lingkungan kerja kita.

  7. Berbicara Negatif Mengenai Partner Kerja
    Nggak hanya di lingkungan kerja aja, tapi dimanapun kita berada pasti nggak akan ada orang yang senang untuk dibicarakan keburukannya. Even your co-workers! Jangan sampai kebiasaan ini malah membuat pertengkaran di lingkungan kerja. Karena pasti akan berdampak ke kualitas kerja kita dan perlahan akan merusak karier kita kedepan nantinya.
Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan agar berkarier anda dapat meraih kesuksesan..

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon